Ingin Payudara Tetap Kencang Tidurlah Pakai Bra


Apakah selama ini Anda (para perempuan) punya kebiasaan tidur lepas Bra / BH? Sebaiknya kenakan bra mulai dari sekarang jika ingi payudara selalu terlihat indah dan kencang seperti banyak yang didambakan oleh perempuan lainnya.

Bukankah itu bisa mengganggu peredaran sirkulasi darah bagian dada?. Sampai sekarang belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan tidur memakai bra menimbulkan dampak negatif. Meskipun pernah di satu penelitian dari Sydney Singer menyebutkan sebaiknya memakai bra tidak lebih dari 12 jam per hari untuk mengurangi resiko Kanker payudara.

Namun jika ukuran dan pemakaiannya benar (tidak terlalu ketat), tak ada salahnya tidur menggunakan bra yang nyaman dan tidak mengganggu sirkulasi darah. Seperti halnya bagian tubuh lain, payudara juga harus dirawat. Untuk mencegah "buah dada" ini menjadi kendur, memakai bra saat tidur dianjurkan oleh beberapa pakar.

Seperti yang diungkapkan oleh pakar bedah kosmetik (Arthur Perry.MD), tidur tanpa memakai kutang adalah penyebab payudara kendur. Menurutnya memakai bra di siang hari bagus untuk menopang payudara dan mencegah gravitasi, dan ketika kita tidur 8 jam tanpa menggunakan bra grativasi juga tetap terjadi setiap saat.

Dalam bahasa ilmiah, kendurnya bagian tubuh, terutama bagian bawah mata disebut dengan ptosis. Penurunan ke bawah akibat grativasi akan membuat kulit di sekitar payudara meregang. Seiring dengan usia, kolagen kulit yang selama ini membuat payudara lebih elastis akan melemah sehingga sulit untuk membuat payudara kencang kembali.

Ukuran payudara juga berpengaruh. Makin besar ukuran payudara Anda, baik karena gen, implan, atau kehamilan, makin besar risikonya untuk kendur. Karena itu mereka disarankan untuk tidur dengan menggunakan penyangga payudara.

Penambahan volume yang cepat, misalnya berat badan naik, kehamilan, atau pemasangan impan, akan meningkatkan potensi kekenduran. Lapisan dermin di kulit akan menekan dan sobek untuk mengompensasi perubahan yang cepat. Kita menyebutnya sebagai stretch mark. 

Namun perlu diingat! Salah memakai ukuran bra juga bisa berdampak buruk buatkesehatan. salah memilih ukuran bra bisa memicu keluhan sakit punggung, sakit kepala, gangguan perut dan bahu, kerusakan ligamen, dan postur tubuh bungkuk. 

Kenali empat tanda bra salah ukuran:
  1. Bagian tengah bawah bra tidak menempel di kulit. Ini menandakan bra terlalu sempit untuk ukuran Anda. Seharusnya, bagian tengah bawah bra menempel pada kulit karena berfungsi untuk menyangga, terutama bra kawat. Tetapi karena ukuran Anda terlalu besar, cup yang kecil tidak mampu menampungnya sehingga terangkat dan tidak menempel pada kulit. Fungsinya sebagai penyangga pun hilang. 
  2. Keluar dari bra. Ketika ada yang terlihat keluar dari cup, artinya Anda perlu bra dengan ukuran cup lebih besar. Untuk memperjelas, kenakan kaus agak ketat. Jika terlihat "dobel", itu tandanya Anda harus membeli bra dengan cup yang lebih longgar. 
  3. Ada ruang antara tepi cup dan payudara. Hal ini menunjukkan bahwa cup bra terlalu besar untuk payudara Anda. Seharusnya cup dan payudara menempel dan tidak ada ruang yang terlalu besar. Jika menggunakan bra busa, pastikan busa tersebut memenuhi ruang yang kosong agar bentuk payudara tidak terlihat aneh. 
  4. Bra membuat lemak punggung menonjol. Bra yang terlalu sempit akan menimbulkan bekas pada kulit dan membuat lemak punggung menonjol dan terlihat jelas. Biasanya karena pilihan lingkar yang terlalu kecil atau tali yang terlalu ketat. Untuk itu, pilihlah bra yang lingkarnya lebih besar.
Jadi memang penting melakukan fitting bra sebelum membelinya. Mengukur lingkar dada dengan pita pengukur mungkin menjadi alternatif, tapi cara paling tepat menentukan ukuran bra adalah dengan mencobanya terlebih dahulu.