Senin, Waktu Terbaik untuk Memulai Diet

Shutterstock Ilustrasi makanan berserat

Kompas.com - Cita-cita Anda untuk menurunkan berat badan tak akan pernah terwujud jika Anda tak pernah memulainya. Nah, waktu terbaik untuk memulai diet ternyata adalah hari Senin. Mengapa?

Senin sering menjadi hari yang paling tidak disukai oleh banyak orang. Meski begitu, ternyata pada hari Senin kebanyakan orang merasa lebih termotivasi untuk mencapai target-target yang berkaitan dengan kesehatan, termasuk membenahi pola makan.

Sebuah survei menunjukkan, 57 persen responden melihat hari Senin sebagai kesempatan untuk memulai sesuatu yang baru. Selain itu, karena dimulai di awal minggu maka akan lebih mudah untuk melihat perkembangannya.

Dalam program Monday Campaign yang dilakukan oleh dinas kesehatan di AS, masyarakat diajak untuk memulai kebiasaan sehat pada hari Senin. Program ini sebenarnya sudah dimulai sekitar satu dekade lalu yang bertajuk "Senin Tanpa Daging."

Program-program tersebut ternyata menuai sukses. Karena itu, kampanye ini terus dilakukan untuk mengajak lebih banyak orang memulai kebiasaan sehat.

"Ada sesuatu yang kuat jika kita memulai sesuatu di awal minggu, terutama jika berkaitan dengan kebiasaan sehat," kata Cherry Dumaual, juru bicara kampanye ini.

Mengubah kebiasaan pada satu hari bisa menunjukkan bahwa sebenarnya kita bisa melakukannya secara permanen.


Sumber :

Editor :
Lusia Kus Anna